Beberapa saat yang lalu kita sering sekali menyaksikan berita di televisi tentang rangkaian protes dan unjuk rasa dari berbagai elemen mahasiswa dan elemen masyarakat terhadap perubahan-perubahan yang diinginkan baik itu tingkat daerah maupun di tingkatan Nasional. Resistensi yang demikian hebat bukanlah fonemena khas daerah dan negara kita yang kita cintaian ini. Namun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus mengalami perubahan yang semakin cepat, walaupun perubahan tersebut tiidak mudah untuk kita prediksi. Alhasil, para pemimpin dan pembuat keputusan sudah harus lebih memahami sipat-sipat perubahan serta bagaimana mengelolanya serta “menunggangi” nya, karena setiap waktu hal itu bisa menentukan keberadaan hidup – matinya suatu daerah atau negara yang dipimpinnya tersebut.

Banyak para ilmuwan kita baik didaerah maupun di Nasional yang sudah modern ini, menegaskan bahwa daerah-daerah kini membutuhkan pemimpin-pemimpin yang mampu bertindak sebagai pemimpin perubahan karena jika tidak, daerah-daerah mereka mungkin tidak akan mampu bertahan, dan bahkan akan jauh tertinggal lantaran tidak mampu menghadapi lingkungan yang sudah berubah dan penuh kompetitif, dilain pihak, literatur melaporkan banyak contoh kegagalan strategi manajemen yang melibatkan perubahan dan pengembangan.

Kesemua itu menambah daftar panjang inisiatif perubahan yang gagal, dengan konseksuensinya masing-masing. Sementara itu, kita harus akui daerah-daerah yang mampu membuat suatu perubahan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan juga perkembangan zaman dan tuntutan zaman . Daerah tersebut akan mampu untuk bersaing dalam menghadapi persaingan global baik ditingkat daerah maupun ditingkat Nasional.

Para pemimpin yang memegang tampuk keputusan sudah seharusnya menerapkan prinsip-prinsip perubahan dengan berbagai variasinya, dan sehingga mampu bersaing dan mengejar ketertinggalan daerah kita terhadap daerah lain yang sudah menerapkan prinsip-prinsip perubahan tersebut.

Ayoooo…… kita masih bisa “LEBIH MAJU”